Rencana pembelajaran
Satuan Pendidikan :
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema / Subtema / PB : Hidup Rukun / Hidup Rukun ../
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
A. Kompetensi Inti ( KI )
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan ( PPKn )
Kompetensi Dasar
1.2 Menerima kebersamaan dalam kebersamaan sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru sebagai perwujudan
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
3.3.3 Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan atau bahasa daerah.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.2 Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.1 Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
Seni Budaya dan Prakarya ( SBdP)
Kompetensi Dasar
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media.
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar
3.2.3 Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati beberapa gambar tentang hidup rukun, siswa dapat mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
2. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
3. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan bahasa yang santun.
4. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan bahasa yang santun.
5. Dengan mengisi kolom pernyataan, siswa dapat menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dibaca dengan teliti.
6. Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis dengan percaya diri.
8. Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan bahasa yang santun.
9. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
10. Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teliti.
11. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar. dengan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
1. Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun.
2. Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi.
3. Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
4. Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis.
5. Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat.
E. Metode Pembelajaran
1. Metode : Ceramah, penugasan, demontrasi, diskusi,tanya jawab dan ekperimen
2. Pendekatan : Saintifik , DL
Belum ada komentar untuk "RPP HIDUP RUKUN DI RUMAH Pemb. 4"
Posting Komentar